Wednesday, May 8, 2013

Hamil Pertama



Satu tahun Empat bulan menanti, Alhamdulillah saya hamil juga. ^_^  . Untuk mendapatkan kabar gembira ini butuh waktu lebih kurang 2 minggu untuk memastikan apakah saya benar-benar hamil dengan baik apa tidak setelah cek melalui test pack.
Sampai saat ini (Saat saya menulis tulisan ini) masih fresh dibenak saya kejadian pada haid terakhir. sebelum saya hamil anak pertama, haid terakhir  tanggal 22 februari 2011 tepat pada ulang tahun suami yang ke 28. Haid yang paling sakit setelah menikah. Bahkan keesokan harinya saya tak bisa masuk kantor karena perut masih berasa sakit. Suami saya bingung apa yang harus dilakukan melihat saya yang  menangis terus menahan sakit.

USIA 1 BULAN

Bulan maret saya sibuk dengan pekerjaan tahunan. Sempet  ngeh sih 2 hari telat mens tetapi saya cuek saja. Karena saya pikir.. “Belakangan mens saya ga teratur, telat sampai 5 hari sudah menjadi hal biasa”. Bulanpun telah berganti, diawal April kesibukan mulai  berkurang, saat ini saya mulai berfikir “Sudah bulan April mens saya juga tak kunjung datang, ada apa?” (jangan-jangan…. :D )

Awalnya saya berniat untuk membeli test pack tanpa sepengetahuan suami.  yach… walaupun hasil nya (-) saya tidak ingin melihat suami sedih. Kalo hasilnya (+)saya bisa memberikan kabar gembira ini pada waktu yang tepat, untuk menghiburnya yang diawal bulan ini memutuskan untuk resign dari pekerjaannya.Tapi rencana yang telah saya susun tak berjalan mulus. Suami saya udah duluan mengajak untuk membeli test pack.

Keesokan harinya tanggal  6 April 2011 bangun tidur dengan hati yang harap-harap cemas sambil mengambil test peck , dalam hati berkata “Ichaa.. ingat ya.. kalo hasilnya (-) jangan NANGIS”. Test pack yang sedang bekerja saya tinggalkan, sementara saya sholat subuh.  Sengaja.., biar hasilnya mas why saja yang melihatnya. Selesai sholat sempet saya melirik ke alat tersebut (Penasaran juga sebenarnya he…) tapi hasilnya masih 1 garis merah (sempet mau mewek sih.. tapi dikuat2kan). Beberapa menit kemudian mas why mengambil test pack dan memperhatikannya sejenak lalu berkata “Sayang, lihat nih… garisnya dua tapi yang satu samar-samar” . Saya sedikit berlari mendekatinya , ada sedikit rasa senang tapi belum jelas. Lalu mas why bilang “kita coba test 2 hari lagi dengan merek yang berbeda ya” sayapun  setuju.

Tanggal 8 april 2011, saya kembali mengulang kegiatan pagi 2 hari yang lalu ketika bangun tidur. Lagi-lagi saya membiarkan mas why yang melihat hasilnya. Gak berapa lama suami memanggil untuk mendekat dan berkata “Garisnya juga 2, yang satu juga samar-samar tapi samarnya lebih jelas dari pada kemarin”. Akhirnya mas Why memutuskan sebelum berangkat ke kantor kami ke Bidan dekat rumah dulu saja buat kontrol. Dibidan itu juga tes nya pake test pack tapi lebih sensitive sepertinya. Garis samar-samar  dua hari yang lalu dan tadi pagipun terlihat sangat jelas. Dan bidan dekat rumah pun berkata saya POSITIVE HAMIL dengan usia kandungan 6 Minggu. (Cie..ciee… berpelukan ^_^)

USIA 2 BULAN

Kurang puas dengan cara bidan menyatakan saya hamil, kami pun memutuskan untuk besoknya tanggal 9 April 2011 kontrol ke dokter kandungan saja. Dengan membawa 3 hasil test pack dengan merek yang berbeda tadi. Cara cek berbeda yang dilakukan dokter kandungan tadi hasilnyapun berbeda dengan bidan kemarin. Keputusannya membuat saya GALAU dan hampir putus asa. Hasil USG saat itu adalah.. “Tak ada kelihatan kantung janin didalam rahim saya.” saya bertanya tentang hasil 3 test pack dengan merek tak sama yang saya bawa dari rumah. Beliau berkata “Bisa saja terjadi pembuahan di luar rahim. Kalo itu terjadi lama-lama dia akan pecah didalam. Dan perut bagain bawah akan sakit.” Mendengar penjelas itu langsung Nyesss.. matapun sudah mulai berkaca-kaca. Seakan menyesal untuk datang kedokter kandungan, kalo tau hasilnya begini. Dan dokter tadi pun melanjutkan perkataanya “Kita coba USG 1 atau 2 minggu lagi ya, bisa jadi ini usianya masih muda jadi belum kelihatan kantungnya,dan Jangan lupa terus berdoa'a ya.." (Kata2 terakhir  inilah energi positif saya bangkit lagi :-) )

Sabtu, 16 April 2011 saya bersama suami kembali mengunjungi Dr. Prita untuk kontrol. Dan kontrol kali ini kami mendapat kabar baik. Dirahim saya sudah terlihat kantung gestasi Intra Uterin. Alhamdulillah..  ^_^

USIA 3 BULAN

Hamil pertama tuh rasanya harap-harap cemas. Saya dan suami semakin rajin mencari informasi tentang kehamilan melalui majalah, internet, buku dan bertanya kepada orang tua. Saya buat list do and don’t banyak bangeeeet. Tapi ternyata banyak Mitos dan Fakta hehe…
Saya sangat bahagia dengan kehamilan ini. Morning Sickness, makanan yang ga mau masuk, pegel2 sepulang kerja saya nikmati saja. Bahkan Mas why pun menikmati perjuangannya untuk mencari makanan yang saya inginkan tetapi kadang ada beberapa makanan belum musimnya saat itu. Hahaha… (Lucu juga kalo inget ini lagi)

Usia 4 Bulan

Alhamdulillah Rasa mual yang saya rasakan mulai berkurang. Tetapi tidak dengan air putih. Setiap saya minum air putih pasti akan berasa mual yang sangat hebat. Akhirnya, air putih saya ganti dengan Pocari***at saja.

USIA 5 BULAN

Gerakan janin baru saya rasakan dibulan ke 5 ini tepatnya diminggu ke 20. Merasakan gerakan janin di dalam rahim berhasil membuat saya menitikkan air mata… Subhanallah.. Maha Besar Allah.. yang telah memberi kesepatan kepada saya untuk merasakan semua ini.
Dibulan ini, perut saya sudah mulai membesar. Stretch mark pun mulai ada diperut saya. siap-siap untuk rajin memberi kelembapan pada kulit bagian perut agar tidak gatal.

USIA 6 BULAN

Diusia inipun saya tidak bisa mengkonsumsi air putih, akhirnya saya kurang cairan. Dan yang bikin sedih air ketuban saya kurang. Dokter menyarankan saya untuk minum yang banyak lebih kurang 3L sehari agar air ketuban tidak kurang.  Sangat sulit bagi saya untuk menjalankannya.., karena setiap minum air putih semua makanan akan keluar lagi. T_T

USIA 7 BULAN

Selain air ketuban yang kurang. ada hal yang baru saya ketahui ternyata saya alergi dengan minyak zaitun. Ada yang menyarankan bila perut gatal saat hamil jangan digarut tapi olesi pake minyak zaitun. Yang tadinya niat mau mengurangi rasa gatal dibagian perut jadi malah bertambah gatal kemana-mana.. sempet tidak nyaman dengan kondisi seperti ini.

USIA 8 BULAN

Lagi-lagi air ketuban saya kurang, dokter sempet meminta saya untuk minum yang banyak lagi. Dan beliau pun berkata kalo air ketuban kurang saya tidak bisa menjamin kalo Ibu Meilisa bisa melahirkan secara NORMAL.
Karena saya tidak bisa mengkonsumsi air putih, akhirnya dokter menyarankan saya untuk di infuse selama 24 jam agar air ketuban tidak kurang. Jadilah tanggal 22 Oktober 2011 saya diinfuse selama 24 jam dan menghabiskan 5 botol infuse. :(

USIA 9 BULAN

Proses persalinan terjadi pada minggu ke 37 lebih 1 hari. Padahal saat itu jadwal saya kontrol kandungan. lagi-lagi hasilnya air ketuban saya jauh dari kata cukup. Saya sedih tidak tau lagi harus berbuat apa toh sebulan yang lalu sudah di infuse sempet menambah air ketuban tapi kesininya, air ketuban saya kembali berkurang mungkin karena tidak bisa dibarengi dengan minum yang banyak, al hasil sebulan kemudian air ketuban kembali berkurang TT_TT

Dokter mangatakan harus segera dilakukan tindakan paling cepat malam ini atau besok pagi, karena dengan air ketuban yang kurang saya dilarang untuk mengalami kontraksi, ini sangat berbahaya pada bayi saya. akhirnya hasil diskusi singkat saya dan suami , kami memutuskan untuk tindakan dilakukan malam itu juga. Proses kelahiran anak pertama sudah pernah saya ceritakan disini.

Pukul 19.17 WIB tanggal 26 November 2011, Anak pertama saya lahir yang kami beri nama Muhammad Rafka Pradipta. Dengan berat badan 2.25kg dan panjang 47 cm. Berat bayi saya ikutan menyusut karena air ketuban yang kurang, namun walaupun bobot babyi saya kurang kata dokter tetapi bayi mungil ini sangat lincah dan air ketubannya sangat jernih.

Yang terpenting Saya dan bayi saya selamat dalam menjalani persalinan ini. Alhamdulillah  ^_^

- Icha -

10 comments:

  1. kenapa selama hamil tidak doyan air putih ya mbak ? aneh juga ya ...

    but .. selamat ya skrg jagoannya pasti sudah besar

    ReplyDelete
  2. Aku jg gak tau kenapa mbak.. setiap habis minum air putih pasti keluar lagi... Alhamdulillah mba, iya jagoanku bulan ini masuk 1,5 tahun.

    Terima kasih ya mba udah mampir.. ^_^

    ReplyDelete
  3. wah sama kayak aku, nunggu 4 tahun setengah baru dpt si dede. ni mau launching seminggu lagi, ga sabar utk bertatap muka. selamat ya mak

    ReplyDelete
  4. Waah.. Selamat ya mak... Semoga persalinan nya dimudahkan. Ibu dan bayinya selamat dan sehat. Selamat ya mak.. pasti udah ga sabaran pengen gendong dede ya.. ^_^

    ReplyDelete
  5. Woww terharu... mungkin ini yg di alami istri saya..
    Saya akan lebih perhatian lg nih. .. krna udh 2 thn blm jg dikash momongng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener berikan perhatian semampu mas buat istri agar dia tidak sedih... Mas lucky dan istri sabar ya.. Saya yakin Tuhan pasti akan memberikan pada waktu yang tepat. Aamiin ^_^

      Delete
  6. ya aq pun terharu baca ini, aq juga lg ragu2 ne hasil tes muncul 2 garis tp yang satu samar sampe tes dua kali hasilnya sama msh smar. periksa ke dokter kandungan belum bisa menyatakan positif hamil karena hasil usg belum keliyatan. rasanya galau..pdahal dengan garis 2 yg muncul sudah sangat membuat hatiku bahagia sangat luar biasa tp pulang dari dokter malah jadi sedih dan ragu.

    ReplyDelete
  7. Lengkap sekali uraiannya, bagus buat tambah pengetahuan saya terhadap bini tentang kehamilan. Oh ya meski hamil ibu ibu bisa tetap cari uang tambahan di rumah sambil santai menunggu dede di perut sambari besar.

    ReplyDelete
  8. sama bund, sy juga udh tesepek positif tp blm kliatan kntong janinya nih,tp masih wajar kan bun

    ReplyDelete
  9. sama bund, sy juga udh tesepek positif tp blm kliatan kntong janinya nih,tp masih wajar kan bun

    ReplyDelete